Sunday, February 21, 2016

beberapa Manfaat Menakjubkan Mengkonsumsi Sayur Kangkung Bagi Kesehatan

Beberapa Manfaat menakjubkan Mengkonsumsi Sayur Kangkung Untuk Kesehatan, Sayur kangkung adalah salah satu sayur favorit masyarakat Indonesia terutama masyarakat pedesaan. Kangkung termasuk jenis sayyuran yang memiliki banyak manfaat untuk mengobati dan mencegah berbagai macam penyakit. Kebanyakan sayur kangkung diolah sebagai tumisan maupun dikukus sebagai lalapan.

Kangkung mengandung lemak, protein, kalsium, serat, fosfor, kardohidrat, serat, air, gula, Vit C, Vit B1 dan lain sebagainya. Begitu banyaknya kandungan yang baik bagi kesehatan tetapi juga baik untuk kecantikan. Ciri-ciri tanaman sayur kangkung ialah batangnya yang menjalar dan tumbuh subur pada daerah yang banyak airnya seperti sawah, rawa-rawa, dan bantaran sungai. 

Seperti sayuran hijau lainnya, kangkung juga mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan. Nah, berikut dibawah ini adalah beberapa manfaat kangkung bagi kesehatan yang perlu anda ketahui :

Manfaat Sayur Kangkung Untuk Kesehatan, Yaitu :

1. Mengobati anemia
Sayuran hijau yang satu ini banyak mengandung zat besi di dalamnya sehingga sangat baik jika dikonsumsi penderita anemia. Selain itu, zat besi juga merupakan mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh, terutama untuk sel - sel darah merah untuk pembentukan hemoglobin.

3. Mengurangi kolesterol
Jika anda mempunyai kolesterol tinggi, mengonsumsi sayuran ini adalah pilihan tepat. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi kangkung dapat menormalkan kolesterol tinggi serta trigliserida yaitu salah satu jenis lemak dalam tubuh.

4. Mencegah kanker
Kangkung juga diketahui mengandung 13 jenis senyawa antioksidan yang bermanfaat untuk cegah kanker. Bahkan beberapa penelitian mengatakan sayur ini bisa cegah kanker perut, kanker kulit serta kanker payudara.

5. Mengobati penyakit kuning dan masalah hati
Sebuah penelitian membuktikan bahwa ekstrak kangkung yang banyak kandungan antioksidan di dalamnya dapat memberikan perlindungan terhadap kerusakan hati. Selain itu, sejak dahulu sayuran ini sudah digunakan untuk pengobatan penyakit kuning dan masalah hati.

6. Mengobati gangguan pencernaan dan sembelit
Sayuran ini juga mengandung banyak serat sehingga bisa mencegah gangguan pencernaan. Kangkung juga bisa menjadi semacam pencahar untuk orang yang mengalami gangguan pencernaan maupun sembelit.

Sekian dulu ya sobat penjelasan kali ini tentang manfaat mengkonsumsi sayur kangkung untuk kesehatan, semoga bermanfaat ya.