Sunday, February 21, 2016

Beberapa Manfaat Sayur Pakis Untuk Kesehatan Tubuh

Beberapa Manfaat Sayur Pakis Untuk Kesehatan Tubuh, Pakis dalam bahasa latinnya yaitu Diplazium tanaman yang tergolong pada tumbuhan paku. Tumbuhan pakis seringkali tumbuh di hutan yang seringkali dimanfaatkan untuk mengolah pada tumbuhan paku. Tumbuhan pakis ini seringkali tumbuh di hutan yang seringkali di manfaatkan untuk olahan makanan yang terutama pada bagian daunnya yaitu sebagai sayuran.


Jauh sebelumnya oleh para nenek moyang yang dimanfaatkan pakis ini untuk tanaman obat sehingga dipercaya dapat menyembuhkan beberapa penyakit. Pada tanah air ini pemanfaatan terhadap pakis untuk sayuran kurang terlihat tetapi di China pakis telah menjadi kebutuhan sehari-hari untuk sebagian besar bagi masyarakat China.
Daun pakis dipercaya memiliki khasiat sebagai penyembuh luka. Hal tersebut juga karena memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi yaitu 30 mg per 100 gr. Fungsi vitamin C banyak sekali yang berkaitan terhadap pembentukan kolagen. Vitamin C sangat diperlukan sebagai hiroksilasi prolin serta lisln yang menjadi hidroksiprolin serta hidroksilin yang sangat penting sekali untuk pembentukan kolagen.
Daun pukis memiliki kandungan kalsium serta fosfor cukup tinggi sekali yaitu masning-masingnya 42 mg serta 172 mg per 100 gr daun pukis. Kalsium serta fosfor yang merupakan mineral makro sangat diperlukan sekali bagi pertumbuhan, pembentukan, serta pemeliharaan kesehatan tulang.
Mengobati Luka
Kandungan yang dimiliki daun pukis yaitu vitamin C sangat tinggi sekali sehingga mampu untuk meningkatkan pembentukan terhadap kolagen yang dapat mempengaruhi beradanya sel pada semua jaringan ikat atau tulang rawan membrane kapiler serta kulit. Sehingga mempercepat untuk penyembuhan luka.
Memperbaiki Metabolisme
Kandungan yang dimiliki oleh daun pukis yaitu betakaroten serta vitamin A yang memiliki peran untuk khasiat.
Mencegah Penyakit Rheumatik
Khasiat yang dimiliki dapat memperoleh karena kandungan fosfor serta kalsium yang tinggi sekali pada daun pukis.
Meningkatkan Kekebalan Pada Tubuh
Khasiat yang diperoleh yaitu meningkatkan imun pada tubuh karena memiliki kandungan betakaroten pada daun pukis ini.
Meningkatkan Pertumbuhan Tulang
Khasiat pada daun pukis memiliki kandungan kalsium serta fosfor juga bisa untuk meningkatkan pembentukan serta kesehatan pada tulang.
Demikan manfaat sayur pakis untuk kesehatan tubuh, tapi menurut mitos katanya bagi penderita asam urat dilarang mengkonsumsi sayur pakis karena nantinya akan memperparah kondisi atau penyakit asam urat tersebut, semoga bermanfaat ya.